Let's Cover: Musisi Menjadi Artis Youtube dengan Mengcover Lagu Terkenal

Sekarang adalah eranya youtube. Semua orang bisa dengan mudah mencari video di youtube. Apalagi situs video besutan Google ini memiliki semacam teknik yang membuat pemutaran video menjadi lebih lancar dibanding situs video yang lain. Salah satu fenomena menarik adalah hadirnya 'artis youtube'. 
Ya dengan kemudahannya menampilkan video, banyak musisi berbakat yang menampilkan kebolehannya bermusik. Biasanya mereka melakukan cover dari lagu-lagu terkenal untuk menarik perhatian pemirsa. Apalagi dengan sistem iklan youtube, para musisi cover ini punya kesempatan untuk mendapat keuntungan dari pembuatan video cover mereka. Beberapa diantara 'artis youtube' yang saya temukan cukup berbakat ini antara lain:
  • Goose house

Goose house, adalah musisi berbakat asal Jepang. Mereka melakukan cover secara akustik terhadap lagu-lagu pop Jepang. Salah satunya lagu AKB 48 Fortune Cookies seperti yang tampil diatas. Karena keberhasilannya, grup yang digawangi delapan orang ini dipercaya mengisi soundtrack salah satu anime di Jepang baru-baru ini.

  • Meisandria Guitara

Nah kalo ini musisi dalam negeri, tepatnya dari Bandung. Sesuai dengan namanya, Meisandria adalah seorang pemain gitar yang mengajak beberapa vokalis lokal untuk berkolaborasi di channel youtubenya. Video klip yang dibuatnya cukup serius sehingga para penonton tidak sekedar menikmati musiknya saja.

  • Kurt Hugo Schneider

Nah sekarang kita beralih ke artis youtube internasional. Ada Kurt Hugo Schneider. Artis asal AS ini berkolaborasi dengan artis youtube lainnya untuk membuat cover lagu-lagu terkenal versi mereka. Salah satunya lagu Justin Bieber "Beauty And A Beat" hasil kolaborasinya dengan Alex Goot dan Chrissy Costanza yang sudah ditonton 109.613.636 kali ini. Schneider pernah ke Indonesia dan merekam video youtube bersama GAC dan The Overtunes.

  • Alex Goot

Nama Alex Goot sudah disebut diatas. Dia memang punya channel sendiri. Sama seperti Kurt Hugo Schneider dia berkolaborasi dengan artis youtube lain untuk membuat cover berkualitas, mengedit videonya lalu menguploadnya di Youtube. Kolaborasinya dengan Kurt dan Chrissy kembali mendapat apresiasi besar ketika mengcover Counting Stars-nya One Republic.

  • Boyce Avenue

Grup asal AS ini mungkin menjadi artis cover paling sukses saat ini. Saluran youtube mereka sudah diikuti hampir 9 juta pengikut. Video cover Mirrors-nya Justin Timberlake yang dibuat dengan berkolaborasi bersama grup vokal Fifth Harmony (finalis X-Factor AS) sudah ditonton 115 juta penonton di youtube. Itu jauh lebih banyak dari kebanyakan video klip artis yang sudah mapan. Selain finalis X-Factor, Boyce Avenue juga sering mengajak artis jebolan The Voice.


  • The Piano Guys

Bagi kalian yang menyukai musik instrumental, maka ThePianoGuys adalah channel Youtube yang harus kalian follow. Pria-pria berbakat ini mengkover banyak lagu terkenal secara instrumental dengan aransemen baru yang kreatif dan enak didengar. Sayangnya baru-baru ini berita duka datang dari sang Pianis Jon Schmidt dimana putrinya meninggal dunia akibat kecelakaan saat mendaki gunung. Mudah-mudahan peristiwa ini tidak membuat Jon berhenti berkreasi.

  • Eka Gustiwana

Kembali ke dalam negeri, sebagian dari kalian tentu pernah mendengar nama Eka Gustiwana. Ia terkenal awalnya terkenal karena speech composing tokoh-tokoh terkenal Indonesia yang menghibur, lucu, dan inspiratif. Beberapa speech compositionnya yang hits seperti Arya Wiguna, Jeremy Teti dan tokoh politik seperti pak Jokowi. Rupanya kepandaiannya bermain piano membuatnya membuat beberapa cover lagu bersama vokalis perempuan bernama Nadya Rafika. Sebagian besar covernya berupa mashup (gabungan beberapa lagu). Baru-baru ini ia juga membuat mash up cover dengan artis youtube asal AS Sam Tsui.

  • Megan Davies


Ngomong-ngomong soal mashup, ada juga artis youtube luar yang sering mashup lagu. Salah satunya Megan Davies. Menariknya artis perempuan ini melakukannya secara akustik gitar. Coba aja denger mashup See You Again / Love Me Like You Do / Sugar yang udah ditonton 39,9 juta kali ini.


Comments

Popular posts from this blog

Hello old friends

Devilito

Tirta Yatra ke Blambangan dan Lumajang