Kerja Di Ruang Tunggu Terminal 3 Soekarno Hatta

Ketika kita mendengar kata terminal biasanya yang terpikir bagi generasi jaman old adalah tempat bus-bus berkumpul yang dipenuhi dengan para calo yang menawarkan tiket kesana kemari, bau keringat dan bau asap biasanya bercampur disana. Ruang tunggunya, adalah warung-warung sederhana yang menjual kopi instan, kacang, kerupuk dan semacamnya. Bukan cuma terminal bus, terminal bandara jaman dulu juga kondisinya tak jauh beda dengan deskripsi diatas. Iya, di Bandara itu namanya juga terminal bukan cuma tempat naik bus itu.

Namun terminal bandara sekarang semakin berkembang. Apalagi terminal di bandara internasional seperti Bandara Soekarno Hatta. Di terminal 3, tempat saya menulis saat ini, terminal sudah seperti mal. Ruang tunggunya adalah restoran dan kafe mewah. Namun tentu saja ada juga ruang-ruang tunggu publik yang cukup nyaman dengan kursi malas, sofa hingga TV layar lebar.

Nah. Kebetulan saat ini sambil menunggu pesawat saya ingin membuat sesuatu. Karena ruang tunggu ini tidak dilengkapi meja, hal pertama yang terpikir adalah datang ke kafe terdekat. Namun, ketika sedang iseng mencari-cari kafe mata saya justru tertuju ke sebuah tulisan besar berbunyi ‘CoWorking Space’. Awalnya saya kira ini kafe juga, tapi masa sih namanya gitu, pikir saya. Akhirnya saya dekati tempat itu dan benar dugaan saya, bandara ini punya tempat kerja untuk pengunjung. This is perfect!, kata saya dalam hati. Kebetulan pagi tadi saya sudah ngopi di hotel, dan saya juga masih membawa air mineral di tas, jadi saya tak perlu ke kafe. Kalaupun saya haus, di sebelahnya ada vending machine yang relatif lebih terjangkau lah dibanding kafe. Nilai plusnya lagi, meja lebar tempat coworking space ini dilengkapi dengan colokan listrik dan wifi gratis. Meski untuk dua fasilitas terakhir ini saya sedang tak terlalu membutuhkannya karena HP dan kuota masih lumayanlah (bukan sombong sih, kalo sombong pasti udah ke kafe). CWS ini juga kebetulan dekat sekali dengan gate 14 dimana pesawat saya akan parkir. Iya, lokasinya sebelah kanan sebelum gate 14, di sebelahnya rest area.

Ada 2 meja besar di CWS ini, dengan kursi yang cukup nyaman. Setiap meja ada delapan kursi jadi bisa menampung 16 orang maksimal. Memang sih privasi kerja mungkin tidak semaksimal kalau kerja di kafe, tapi jaman sekarang rasanya soal privasi orang sudah semakin aware. Ditambah lagi meja ini tak pernah terisi penuh, sepanjang saya duduk paling maksimal 10 orang yang pakai fasilitas ini. Jadi masih cukup nyaman lah untuk bekerja.

Untuk yang nggak bawa laptop, ada sih dua buah komputer. Tapi makenya berdiri, jadi ya mungkin lebih buat browsing dikit-dikit atau ngirim email aja kali ya.

So, itulah sedikit review soal Coworking Space yang ada di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Mudah-mudahan bisa jadi tempat menarik buat kalian yang ingin sedikit menghemat ‘uang kopi’. Saat ini saya sedang melirik kursi malas yang ada di rest area sebelahnya. Kalau masih ada waktu sepertinya saya akan istirahat disana.


Jakarta, 25 April 2018
Dibuat dan dipublish dengan Redmi Note 4

Comments

Popular posts from this blog

Hello old friends

Devilito

Tirta Yatra ke Blambangan dan Lumajang