Fast Blogging Bali

Kira-kira satu setengah minggu yang lalu ada ajakan di WA dari temen di Kominfo untuk ikutan sebuah acara tentang blog yang diadakan Kominfo Pusat. Tertarik sih, tapi agak hesitant juga selain karena waktunya mepet, acara diselenggarakan hari kerja yang artinya harus ijin atasan. Singkat cerita ternyata mas Krisna (temen seruangan) daftarin anaknya di acara ini dan konsekuensinya dia ikut nganterin supaya anaknya mau. Perkembangan ini merubah keputusan saya di last minute. Beruntungnya atasan langsung saya pak Darsana memberi ijin. Tentu saja tujuan saya yang utama adalah untuk menambah ilmu. Meski saya punya blog, saya nggak terlalu berani menyebut diri saya blogger. Tapi menulis memang jadi salah satu minat saya, jadi saya pikir kenapa tidak meluangkan waktu sebentar ikut acara ini.

Acara bertajuk Fast Blogging Bali dengan tema "Menuju Indonesia Maju" ini diselenggarakan di salah satu hotel di Jl. Raya Kuta, Jumat (23/3). Saya berhasil datang persis beberapa saat sebelum acara dimulai. Pada saat saya tiba Mas Krisna sedang duduk di salah satu meja bundar ngobrol dengan salah satu blogger Bali. Karena msh ada kursi kosong saya langsung saja bergabung dengan mereka. Dapat sedikit cerita pengalaman seputar dunia blog dari bli Manik, blogger otomotif sebelum acara mulai.

Mas Krisna, J dan bli Manik udah siap ngikutin acara
Fast Blogging Bali (dok. pribadi)

Acara dibuka oleh Direktur Kemitraan Komunikasi Kemenkominfo Dedet Suryanandika. Ada pula sambutan dari Kominfos Bali.

To the main event, hadirlah narasumber pertama mbak Mira Sahid. Mbak Mira ini pendiri emak2blogger, sebuah blog yang berisi 'curhatan' para ibu. Intinya sih mbak Mira mengajak kita untuk ngeblog dengan sehat dan positif. Beberapa catatan dari paparannya antara lain:
  • Manfaat ngeblog diantaranya sebagai penyaluran hobi/passion, sebagai rekam jejak digital, blog juga menurutnya merupakan media informasi. Selain itu blog bisa menjadi personal branding dan menciptakan engagement. Terakhir blog bisa menjadi peluang, misalnya dengan monetizing.
  • Soal bentuk blog, menurut Mira ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya blog agar ramah mata, kemudian up to date & informatif. Ketiga blog juga sebaiknya spesifik (ini kayaknya yang belum ada di blog saya). Selanjutnya blog juga harus personal, kemudian berguna dan terakhir unik.
  • Bagi Mira, menulis merupakan terapi jiwa, bagian dari proses healing. Kata dia sih, perempuan itu harus mengeluarkan 20 ribu kata sehari sedangkan laki-laki hanya 9 ribu kata. Jadi blog ini buat dia ngebantu banget.
  • Nah soal ide kreatif menulis di blog, menurut Mira yang paling penting orang menulis itu harus membaca dulu. Beberapa tips dari dia soal menulis sih, selain membaca itu tadi adalah perlu berlatih. Kemudian untuk blog sebaiknya ada efek visual seperti foto dan video, selipkan juga innerlink. Tuliskan hal yang positif (ini yang saya bilang di awal tadi). Untuk olahan katanya usahakan pakai EYD dan kurangi elypsis (..)
  • Untuk format tulisan sih, seperti pada umumnya ya, terdiri dari intro, detail lalu kesimpulan.
Oya, mb Mira juga mengingatkan soal posting foto anak di medsos lho. Menurutnya harus dipikirkan dampaknya buat anak di kemudian hari.

Terakhir ia berpesan kita adalah apa yang kita tulis "you are what you write". Intinya kita tetap harus berhati-hati dalam menulis di blog. Think before you post, katanya. Ia menuliskan THINK sebagai akronim yang terdiri dari:
  • T = is it True?
  • H = is it Hurtful?
  • I = is it Illegal?
  • N = is it Necessary?
  • K = is it Kind?
Penutupnya ia mengajak kita untuk bijak bersosmed. Saring sebelum sharing, katanya.

Narsum pertama, mbak Mira Sahid
berbagi tips blogging (dok.pribadi)

Pembicara kedua cukup mumpuni juga, namanya Andono Darta. Statusnya adalah Tim Komunikasi Presiden RI Joko Widodo. Jadi ini juga yang menjadi alasan kuat kenapa saya ingin ikut acara ini, yakni mendengar langsung dari tim komunikasi presiden yang popularitasnya tinggi.

Sejujurnya tidak banyak yang saya catat dari pembicara kedua ini, selain karena saya sambil iseng ikutan lomba ngetwit, bapak Andono lebih banyak memutar video tentang prestasi pemerintahan saat ini, yang harus saya katakan memang video-video itu berbicara banyak. Sayangnya saya tak bisa mencatat karena ketika video diputar otomatis lampu dimatikan. Tapi saya bisa katakan bahwa tim komunikasi Presiden mencoba menyampaikan bahwa pemerintah sudah bekerja, khususnya untuk melakukan pemerataan pembangunan di Indonesia. Dan kerja untuk mewujudkan itu memang tidak mudah.

Pak Andono Darta, Tim Komunikasi Presiden
cerita soal capaian pemerintah. (dok. pribadi)

Salah satu videonya bisa dilihat di postingan saya sebelumnya. Ya, postingan itu saya buat hari itu untuk ikutan lomba fast blogging yang dilakukan hari itu. Kita dikasih waktu sekitar sejam untuk buat postingan dengan tema "Menuju Indonesia Maju". Karena keasyikan makan, kayaknya saya bikin postingan nggak sampe sejam deh. Syukurnya dengan modal hape dan keyboard bluetooth, postingan saya itu dapet peringkat tiga. Juara satunya diraih Icha, finalis Miss Internet, sedangkan yang kedua pak Casmudi, blogger senior. Kata mbak Mira sih, mewakili juri, alur tulisan saya udah bagus tapi terlalu pendek jadi ya kesannya terpotong. Masukan seperti inilah yang bikin saya senang ikutan acara ginian.

Thanks ya Mas Kris udah jadi inspirasi saya buat ikutan (dok.pribadi)

Oya saya juga dapat suvenir karena dapet peringkat tiga juga di lomba ngetwit. Jadi nggak percuma lah hari itu saya pergi jauh, apalagi abis ikutan acara sorenya langsung tugas lagi di Art Center jadi pulang malem deh.

Thank you Kominfo.

 

Comments

Popular posts from this blog

Hello old friends

Devilito

Tirta Yatra ke Blambangan dan Lumajang